Siapapun yang memiliki pemahaman dasar tentang ekonomi memahami hukum yang menentukan kesuksesan. Anda perlu memiliki produk yang ingin dibeli orang dan memiliki harga yang terjangkau. Bisnis dijalankan dengan kebijakan penawaran dan permintaan. Artinya, jika ada permintaan untuk barang tertentu, perusahaan memproduksi barang tersebut dan memasoknya untuk dijual.

Namun, beberapa faktor penting lainnya ikut berperan. Faktor-faktor ini dianalisis dengan alat perencanaan strategis yang disebut analisis PEST, analisis SWOT, analisis persaingan bisnis, dan analisis industri. Alat ini digunakan untuk mengevaluasi faktor politik, sosial, ekonomi, dan teknologi yang akan berpengaruh pada bisnis. Analisis ini dilakukan sebelum proyek diimplementasikan dan dapat memberikan perkiraan yang akurat tentang kemajuan bisnis dalam lingkungan makro tertentu, menurut University of Washington.

Apa Analisis Ini dan Bagaimana Manfaatnya bagi Perusahaan Saya?

Anda mungkin memiliki produk luar biasa yang disiapkan dengan standar tertinggi dan dijual dengan harga tinggi. Anda sedang mempertimbangkan rencana pemasaran yang agresif dan mengharapkan hasil yang baik. Namun, faktor pasar berbeda dari satu negara ke negara lain. Pernah melihat label produk favorit Anda di negara lain? Jika sudah, biasanya Anda akan melihat perubahan pada label. Alasannya adalah karakter dan font yang berbeda mendapatkan reaksi yang berbeda tergantung ke mana Anda pergi. Sebelum Anda memasarkan produk Anda, Anda harus ingat bahwa produk itu mungkin bagus tetapi perbedaan muncul di pasar dan konsumen. Alat pemasaran seperti analisis PEST, analisis SWOT, analisis persaingan bisnis, dan analisis industri dirancang untuk mengevaluasi faktor-faktor ini dan memberikan gambaran yang akurat tentang apa yang akan memengaruhi penjualan produk. Berikut adalah gambaran singkat tentang apa yang akan dilakukan setiap analisis.

Analisis PEST

PEST adalah singkatan dari faktor politik, ekonomi, sosial, dan teknologi yang memengaruhi bisnis. Ini adalah cara untuk mendapatkan informasi tentang lingkungan tempat bisnis Anda akan berkembang. Dengan memperhatikan analisis PEST, Anda akan dapat mengetahui seberapa layak ide bisnis Anda sebenarnya. Tujuan dari analisis ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor eksternal di sektor-sektor tersebut. Manajer akan menilai risiko yang ditimbulkan oleh faktor-faktor ini dan kemudian merencanakan prosedur untuk mengatasi risiko tersebut. Misalnya, restoran lokal akan menyadari bahwa ada kebijakan minum di bawah umur yang sangat ketat di daerah tersebut dan untuk mencegahnya ditutup, mereka dapat menerapkan kebijakan untuk memeriksa ID semua pelanggan. Dengan nada yang sama, perusahaan yang menjual perlengkapan bayi mungkin mengalami masa sulit di lingkungan yang sebagian besar terdiri dari pelajar dan pasangan yang tidak berencana memiliki anak. Mengetahui seperti apa daerah Anda akan menjadi kunci sukses. Anda dapat memiliki produk yang sangat baik, tetapi jika Anda meletakkan toko Anda di lokasi yang salah, tidak akan ada yang tahu.

Analisis SWOT

SWOT adalah singkatan dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang melekat dalam sebuah bisnis. Tujuan dari analisis ini adalah untuk menentukan apa yang membuat sebuah bisnis kuat dan bagaimana bisnis tersebut dapat lumpuh karena kelemahan sederhana. Dengan analisis tersebut, dimungkinkan untuk memperkuat perusahaan, menghilangkan kelemahan, dan meraih peluang yang datang untuk ekspansi perusahaan. Misalnya, survei singkat yang dilakukan oleh perusahaan keripik dapat mengungkapkan bahwa satu rasa tertentu sangat populer di kalangan konsumen. Mereka dapat mengembangkan rasa dan meningkatkan produksi, sehingga menghasilkan peningkatan penjualan.

Analisis Kompetitif Bisnis

Seperti istilahnya, analisis ini dijalankan pada bisnis yang bersaing untuk menentukan kekuatan dan kelemahannya. Dengan menganalisis pesaing yang sukses, dimungkinkan untuk memperhitungkan peluang dan ancaman ini ke dalam model bisnis Anda sendiri untuk menjadi sukses.

Analisis Industri

Analisis industri, atau Kerangka Lima Kekuatan, adalah alat yang berguna untuk perencana bisnis. Alat tersebut mengakui fakta bahwa industri mungkin sama tetapi margin keuntungan di perusahaan yang berbeda bervariasi karena struktur perusahaan dan rencana pemasaran tertentu. Dengan analisis ini, dimungkinkan untuk mengubah struktur yang ada dan merumuskan lanskap masa depan yang kompetitif namun menguntungkan.

Kesimpulan

Semua bisnis dapat memperoleh keuntungan dari analisis PEST kompetitif, analisis SWOT, analisis persaingan bisnis, dan analisis industri, asalkan mereka telah menjalankan perusahaan profesional. Perusahaan akan mengumpulkan informasi, mengklasifikasikan data, dan mengevaluasinya oleh para ahli untuk membuat laporan komprehensif yang akan memandu pemilik bisnis. Idealnya, sebagian besar faktor yang mempengaruhi analisis bersifat cair dan cepat berubah dan tidak semuanya berlaku untuk industri. Jika Anda benar-benar melihat proses pembuatan analisis, cukup mudah untuk merinci faktor-faktor dan mempertimbangkan dampaknya terhadap bisnis. Namun, untuk memastikan analisis yang tidak memihak tetapi akurat, perlu menyewa perusahaan eksternal untuk melakukan pekerjaan terbaik.