Jika Anda menjalankan bisnis, pemasok barang atau jasa Anda tidak diragukan lagi merupakan bagian integral dari kesuksesan Anda. Jadi, penting untuk membina hubungan yang baik dengan yang terbaik untuk menjaga stok produk Anda tetap sehat dan pelanggan Anda senang.

Menjaga pemasok Anda senang adalah kunci untuk membawa bisnis Anda melewati masa-masa sulit dan tenggat waktu pengiriman yang ketat, serta menerapkan praktik terbaik manajemen stok yang benar-benar dapat memberi Anda keunggulan kompetitif. Jadi akan membantu jika Anda setia kepada pemasok utama Anda.

Berikut adalah beberapa cara pemasok dapat memengaruhi bisnis Anda:

Kepuasan Pelanggan

Pengiriman tepat waktu dan waktu penyelesaian yang cepat adalah kunci untuk meminimalkan inventaris Anda, mengurangi risiko kehabisan stok, dan membuat pelanggan senang. Keandalan dan fungsionalitas pemasok akan berdampak signifikan pada seberapa cepat pelanggan menerima produk dan reputasi yang Anda bangun bersama mereka sebagai perusahaan.

Produk Baru

Pemasok dapat memainkan peran utama dalam peluncuran produk baru. Mereka cenderung tahu apa yang lebih laku daripada Anda; mereka akan selalu bekerja untuk membuat perubahan dan berinovasi untuk memastikan produk mereka tetap menjadi yang teratas dalam hal daya saing. Pemasok teratas akan memahami bisnis Anda dan menyarankan produk baru untuk dijual.

Pembiayaan Tambahan

Jika perusahaan Anda melakukan pembayaran tepat waktu kepada pemasok, Anda dapat meminta mereka untuk mendapatkan pembiayaan tambahan selama fase pertumbuhan Anda. Pemasok dapat membiayai bisnis dalam hal tanggal jatuh tempo yang diperpanjang untuk pembelian baru, investasi dalam bisnis, atau hutang yang ditunda.

Membangun Hubungan yang Kuat dengan Pemasok

Setelah menjadi dasar betapa pentingnya pemasok bagi bisnis Anda, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan dan memelihara hubungan yang kuat dengan mereka:

Bayar Pemasok Tepat Waktu

Meskipun Anda selalu dapat menegosiasikan persyaratan pembayaran yang menguntungkan untuk barang dan jasa, selalu coba untuk membayar pemasok tepat waktu. Salah satu kendala dalam hal ini adalah penanganan invoice yang diterima dari pemasok yang tidak efisien dan tidak tepat. Hal ini dapat menimbulkan masalah seperti pembayaran yang dilakukan ke pemasok yang salah, pemasok tidak menerima pembayaran tepat waktu, dan keterlambatan pengiriman produk.

Penanganan faktur secara manual dapat menimbulkan masalah seperti itu, tetapi bisnis dapat menyederhanakan proses dengan mengotomatiskan dan menyederhanakan proses manajemen faktur. Pemilik bisnis dapat mempelajari lebih lanjut tentang Chrome River dan solusi serupa lainnya yang menawarkan antarmuka komputasi yang efisien dan dapat dikonfigurasi untuk dengan cepat menerima permintaan cek dan faktur di seluruh organisasi. Ini bisa menjadi solusi yang layak untuk menangani semua faktur yang dikirim melalui email dan kertas dari pemasok, mengotomatiskannya, mengaturnya dalam urutan yang benar, dan mengirimkannya ke departemen terkait.

Bicaralah Secara Teratur dengan Pemasok

Berbicara secara teratur dengan pemasok memungkinkan adanya komunikasi dua arah, yang dapat sangat membantu dalam membangun hubungan yang kuat. Jika memungkinkan, cobalah untuk melakukan kontak tatap muka dengan melakukan pertemuan dengan pemasok atau perwakilan mereka secara langsung.

Cobalah untuk bertemu pemasok sebanyak yang Anda bisa. Kecuali jika ada alasan kuat untuk tidak melakukannya, cobalah untuk mendapatkan waktu tatap muka di konferensi video dan program serupa lainnya dan terus ikuti mereka tentang perubahan signifikan yang mungkin Anda sukai. Harap jangan malu untuk mengundang mereka ke acara perusahaan biasa.

Selalu Perbarui Pemasok

Selalu beri tahu pemasok tentang apa yang terjadi di perusahaan Anda. Dengan cara ini, mereka akan merasa lebih seperti bagian dari bisnis Anda. Beri tahu mereka tentang perubahan dalam produk baru, promosi khusus, dan bahkan personel kunci.

Anda juga dapat berbagi bagaimana produk turun dengan pelanggan dan umpan balik yang diterima dari pelanggan. Dalam beberapa kasus, pemasok mungkin menyarankan perubahan produk yang dapat meningkatkan penjualan Anda atau membantu Anda menemukan pelanggan baru.