Saat Anda memulai bisnis baru, Anda sebaiknya memberikan perhatian khusus pada setiap saran yang mengajari Anda cara menyimpan lebih banyak uang tunai di rekening bank bisnis komersial Anda. Cara yang sering diabaikan untuk mendorong bisnis baru ke arah tujuan ini adalah mencapai persyaratan pembayaran yang menguntungkan dengan pemasok.

Meskipun bisnis baru tidak akan membeli dalam jumlah besar seperti yang dilakukan perusahaan yang sudah mapan, mereka masih dapat menggunakan taktik untuk mendapatkan diskon dan layanan yang lebih baik, terutama saat menargetkan sekumpulan pelanggan baru atau membeli produk yang baru di pasar. Anda mungkin tidak mendapatkan persentase diskon yang Anda inginkan, tetapi Anda tidak akan mendapatkan apa pun jika tidak berusaha.

Untuk membantu proses ini, berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan harga paling kompetitif dari pemasok Anda:

Bangun Hubungan yang Kuat

Pemilik bisnis baru harus berupaya membangun hubungan yang kuat dengan pemasok – ini adalah kunci untuk membuat mereka bekerja dengan Anda saat Anda meminta diskon. Tapi jangan terlalu sering membuat permintaan; simpan permintaan diskon tersebut ketika Anda benar-benar membutuhkan harga rendah – jika Anda memintanya dalam setiap penawaran yang dijadwalkan, hal itu dapat merusak hubungan.

Bagaimana cara membangun hubungan yang kuat? Cobalah untuk memperlakukan pemasok seperti Anda memperlakukan pelanggan Anda. Lakukan pertemuan tatap muka dengan mereka jika memungkinkan. Jangan malu untuk mengundang mereka ke acara perusahaan, atau mendiskusikan ide peluncuran produk.

Lakukan Pembayaran Tepat Waktu

Hal ini biasa terjadi pada sebagian besar pemasok: ketika mereka melihat seseorang membayar tepat waktu, dan secara teratur, mereka akan berusaha keras untuk membuat mereka bahagia. Pastikan departemen akun Anda mengatur faktur pemasok dengan benar sehingga semua orang dibayar tepat waktu.

Namun, bisnis dapat menghadapi hambatan dalam mendapatkan diskon karena tanda terima faktur yang terdesentralisasi, perutean faktur yang manual dan memakan waktu, dan waktu persetujuan yang lambat. ADP.com mengatakan bahwa mengotomatiskan tanda terima dengan faktur elektronik dapat sangat membantu dalam mempercepat siklus pembayaran dan pemrosesan faktur. Dan ini membantu mendapatkan diskon pembayaran awal, yang berarti laba perusahaan yang lebih kuat.

Hindari Janji Volume Pembelian

Alih-alih membuat janji untuk membeli volume produk atau layanan tertentu, beri pemasok gambaran tentang berapa banyak Anda akan membeli di tahun pertama, atau berapa banyak yang Anda rencanakan untuk dibelanjakan untuk kategori produk tertentu di tahun tertentu.

Begitu ada komitmen, Anda mungkin kehilangan kekuatan negosiasi. Jadi, hindari membuat janji volume pembelian yang mungkin tidak dapat Anda janjikan dan beri tahu pemasok tentang volume tertentu. Anda mungkin juga akhirnya menerima diskon pelanggan baru dengan cara ini.

Jika Memungkinkan, Gunakan Banyak Pemasok

Menggunakan banyak pemasok dapat membuat semua pemasok tetap tajam. Setiap pemasok akan tahu bahwa mereka akan bersaing untuk bisnis Anda. Mintalah penawaran dari dua atau tiga pemasok, yang akan memperluas kumpulan pilihan. Jika salah satu dari mereka tidak memberikan penawaran harga yang menguntungkan, Anda dapat meminta penawaran dari pemasok yang sama, atau menggunakan opsi kedua dan membandingkan penawaran.

Pemasok mungkin juga bersedia memberikan diskon jika mereka tidak perlu mengambil bahan tambahan atau mengirimkannya ke situs perusahaan Anda beberapa kali. Ketahui bagaimana Anda dapat menurunkan biaya pengiriman, dan mencari cara untuk menghindari pemborosan sumber daya pemasok.

Temukan Area Saling Menguntungkan

Daripada berpikir sebagai pemilik bisnis baru, berpikirlah seperti pemasok ketika Anda menginginkan diskon. Mereka memiliki produk atau layanan yang ingin mereka jual sebanyak mungkin. Menampilkan bisnis Anda sebagai perusahaan dengan potensi penjualan yang tinggi ke pasar sasaran. Pahami bahwa pembicaraan tentang penjualan, dan pemasok yang melihat potensi bagus kemungkinan besar akan memberi Anda diskon.

Luangkan waktu untuk menganalisis tujuan pemasok Anda dan menyelaraskan beberapa operasi bisnis Anda untuk mencapai tujuan itu. Jika pemasok Anda tidak mau mengalah pada beberapa produk, periksa apakah tersedia diskon jika Anda membeli dalam jumlah yang lebih besar.