Setiap pengusaha memulai bisnis mereka dengan satu tujuan: menghasilkan keuntungan. Namun, ada lebih banyak aspek dalam menjalankan bisnis daripada menguangkan uang. Faktanya, Anda tidak akan dapat mempertahankan bisnis Anda dalam waktu lama tanpa menguasai keterampilan finansial Anda. Karena itu, berikut adalah beberapa tips ahli untuk mengelola keuangan bisnis Anda secara efisien.

Sebagai pebisnis, kita tahu bahwa semuanya dimulai dari perencanaan. Tidak ada alasan mengapa Anda harus mendekati keuangan Anda secara berbeda. Faktanya, rencana bisnis Anda harus menyertakan rencana keuangan komprehensif yang dibuat setelah penelitian intensif. Rencana tersebut harus terdiri dari penganggaran, peramalan, perencanaan pajak, dan akuntansi, selain rencana manajemen risiko yang andal, jika Anda berada dalam krisis keuangan. Rencana tersebut harus mencakup rencana tindakan jangka pendek yang mencakup enam bulan hingga satu tahun ke depan selain rencana keuangan lima tahun.

Meskipun tidak masalah untuk memulai dengan alat paling dasar untuk mengelola keuangan Anda, seperti lembar excel dan dokumen, penting bagi Anda untuk meningkatkan alat Anda semakin jauh Anda memasuki operasi. Sebagai permulaan, penasihat keuangan di Hammond Inc. merekomendasikan agar Anda mengotomatiskan sistem akuntansi dan penagihan Anda. Ada banyak opsi terkait perangkat lunak akuntansi, jadi pastikan untuk memilih salah satu yang mudah digunakan dan memungkinkan Anda mengelola penjualan, melacak pengeluaran, dan mendokumentasikan pengeluaran harian.

Baca Juga:  Memulai Bisnis Baru? Berikut Cara Agar Pemasok Memberi Anda Diskon

Banyak pengusaha pemula membuat kesalahan dengan memasukkan keuangan bisnis mereka ke dalam rekening pribadi mereka. Jika yang Anda cari adalah profesionalisme, Anda harus memulai dengan pola pikir yang benar. Anda mungkin tidak menyadarinya pada awalnya, tetapi ada banyak alasan untuk memisahkan kedua akun tersebut. Mungkin alasan terpenting terletak pada pajak yang akan Anda alami nanti. Selain itu, terdapat berbagai implikasi hukum untuk menguangkan keuntungan bisnis ke rekening pribadi, jadi pastikan untuk melindungi diri Anda dari kerumitan.

Meskipun awalnya terasa menakutkan, mengelola keuangan Anda bisa lebih mudah dari yang diharapkan. Pertama-tama Anda harus meneliti manajemen keuangan dan memahami dasar-dasarnya. Setelah itu, semuanya tentang membangun kebiasaan baik. Anda dapat memulai dengan nasihat paling dasar untuk membayar tagihan tepat waktu, meskipun Anda sedang kesulitan keuangan. Menunda pembayaran tagihan Anda hanya akan memperburuknya karena bunga terus bertambah.

Selanjutnya, pastikan untuk berinvestasi pada apa yang benar-benar dibutuhkan, dan selalu mencari penawaran yang lebih baik dan lebih terjangkau. Biasakan untuk membandingkan harga, mungkin dengan membandingkan pemasok saat Anda menyimpan bisnis Anda, dan saat Anda mencari asuransi mobil terbaik untuk kendaraan perusahaan Anda. Terakhir, pastikan untuk memasukkan semua pengeluaran dan pendapatan Anda secara teratur.

Mengembangkan cara untuk mengelola keuangan bisnis Anda dengan benar adalah langkah pertama untuk menjalankan bisnis yang sukses. Sama seperti aspek bisnis lainnya, semuanya dimulai dengan rencana yang andal dan komprehensif. Meskipun Anda dapat mengikuti teknik pembukuan dasar, jauh lebih baik untuk memanfaatkan teknologi untuk mengotomatiskan proses akuntansi Anda. Tak perlu dikatakan, Anda tentu perlu memisahkan akun bisnis dan pribadi Anda. Terakhir, pertahankan kemajuan Anda dengan mengembangkan serangkaian kebiasaan keuangan yang sehat.

Baca Juga:  3 Cara Membangun Hubungan yang Baik dengan Pemasok Anda