Dalam lingkungan bisnis yang serba cepat saat ini, sangat penting untuk mengadopsi proses bisnis yang gesit. Keuntungan pasti dari proses bisnis ini adalah bahwa perusahaan kemudian dapat menjadi lebih fleksibel terhadap kebutuhan pasar yang berkembang, model bisnis, peraturan, kebijakan, dan kebutuhan pelanggan.

VoIP dan komputasi sosial adalah dua praktik bisnis yang digunakan oleh sebagian besar perusahaan modern dan ini pasti mengubah komunikasi bisnis. Jejaring sosial telah menjadi bagian integral dari aktivitas sehari-hari individu maupun bisnis. Rumah perusahaan besar merasa lebih mudah untuk tetap terhubung dengan pelanggan setia serta karyawan mereka. Akun jejaring sosial perusahaan sekarang terhubung ke sistem komunikasi bisnis perusahaan dalam upaya menawarkan arus informasi yang lebih baik dari satu proses bisnis ke proses bisnis lainnya. Platform sosial telah memungkinkan departemen IT, pemangku kepentingan menemukan cara baru untuk terlibat dan bekerja dengan pelanggan mereka.

Beberapa perusahaan di seluruh dunia beralih ke VoIP dan membuang sistem telepon lama mereka. Ada keuntungan pasti dari migrasi ke VoIP karena menawarkan banyak fitur telekomunikasi canggih yang sebaliknya terbatas atau tidak ada dalam sistem telepon tradisional. VoIP dapat diintegrasikan dengan CRM sehingga data real-time dapat disediakan oleh eksekutif dukungan pelanggan untuk memberikan layanan dan dukungan berkualitas tinggi kepada pelanggan mereka. VoIP membantu membuat proses bisnis lebih gesit dan responsif terhadap kebutuhan dan permintaan pelanggan. Integrasi VoIP dengan platform jejaring sosial telah memberikan tampilan dan nuansa komunikasi bisnis yang benar-benar baru.

Hari ini ketika kami terhubung dengan klien baru, kami lebih tertarik dengan profil Linkedin-nya, ID Skype-nya, status FB-nya, dan semacamnya. Id email dan nomor teleponnya tidak ada dalam daftar prioritas kami. Ini mengungkapkan bahwa status sosial sangat penting ketika bisnis beralih ke proses bisnis dinamis yang dimaksudkan untuk mengatasi masalah penting yang mengganggu bisnis. Proses bisnis yang menggunakan status jejaring sosial dan sistem komunikasi VoIP telah menunjukkan efisiensi dan kelincahan operasional yang lebih baik sambil memberikan bisnis dengan visibilitas yang lebih tinggi. Dengan demikian, organisasi yang berjuang untuk efisiensi yang lebih tinggi, serta efektivitas, memilih peluang teknologi baru seperti VoIP dan jejaring sosial.

Konvergensi jaringan sosial media, VoIP, dan manajemen Proses Bisnis membantu bisnis menjadi inovatif dan gesit sambil membantu mereka beradaptasi dengan perubahan yang cepat. Fakta paling menarik tentang ketiga elemen ini adalah mereka dapat bekerja secara mandiri sekaligus bekerja sebagai satu kesatuan sistem untuk menciptakan sinergi yang sempurna. Jejaring sosial dan VoIP dapat berfungsi sebagai teknologi independen tetapi mereka dapat digabungkan dengan manajemen proses bisnis untuk meningkatkan efisiensi fungsional suatu organisasi.

Hari ini, bahkan sebelum kami memeriksa id surat atau nomor telepon perusahaan, kami cenderung memeriksa profil LinkedIn, Pembaruan Twitter, atau halaman Facebook mereka. Sekarang, ini membuktikan pentingnya mempertahankan profil jejaring sosial oleh sebuah perusahaan. Konsumen berbagi pengalaman mereka di sosial media dan menawarkan masukan asli terkait layanan atau produk yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan. Data dari jejaring sosial dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang kebutuhan, keinginan, dan preferensi pelanggan. Sekarang semua data mentah ini dapat dimasukkan ke CRM yang terintegrasi dengan VoIP. Jadi setiap kali eksekutif layanan pelanggan menelepon pelanggan, mereka akan memiliki semua informasi yang berkaitan dengan pelanggan tepat di depan mata mereka.

Manajemen proses bisnis selanjutnya dapat diterapkan untuk membawa perubahan dalam proses bisnis yang digunakan oleh perusahaan untuk memberikan layanan dan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Ini pada akhirnya akan berdampak positif pada laba perusahaan.